Wednesday, November 14, 2012

Literary Criticism I 2012/2013 RPKPS



RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS)


Mata Kuliah    : LITERARY CRITICISM 1
Dosen        : Marliza Yeni / Edria Sandika
Kode / SKS    : ENG 344 / 2 SKS
Status        : Wajib      
Prasyarat    : TOL 1 & TOL 2
Semester    : 5 (Lima)
Universitas    : Andalas
Fakultas    : Ilmu Budaya
Jurusan        : Sastra Inggris
Program Studi    : Sastra Inggris
Konsentrasi    : Kajian Sastra

This course is designed to equip students with the ability to apply various literary theories to literary texts. They will be able to understand and produce ‘literary criticism’; analysis of literature in both review and essay forms. The theories being used cover from the traditional approaches to modern approaches.

KOMPETENSI: 
Students are able to…
1.     Apply various approaches in literary theory to various texts
2.     Know various methods in each approach (e.g. ‘psychology of author’ in psychoanalytical approach, ‘woman as reader’ in feminist approach)
3.     Summarize the ideas in existing analysis/criticism
4.     Write reviews on different literary texts
5.     Write a critical essay on a different literary texts

POKOK BAHASAN:
                Karya wajib baca:
1.     Hamlet                                    (William Shakespeare)
2.     Huckleberry Finn                    (Mark Twain)
3.     Young Goodman Brown          (Nathaniel Hawthorne)
4.     To His Coy Mistress                (Andrew Marvell)
5.     Everyday Use                         (Alice Walker)

Topik:
1.     Literary Criticism and Writing about Literature  
2.     Moral-philosophical Criticism
3.     Historical-biographical Criticism
4.     New Criticism
5.     Reader Response Criticism
6.     Psychoanalytical Criticism
7.     Archetypal Criticism
8.     Structuralism (narratology, binary opposition)
9.     Semiotics (signs and code)
10.   Feminist Criticism (woman as reader)
11.   Marxist Criticism (reflection theory)







(1)
MINGGU KE
(2)
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN (KOMPETENSI)
(3)
BAHAN KAJIAN
(4)
BENTUK PEMBELAJARAN
(5)
KRITERIA PENILAIAN (INDIKATOR)
1
Mengetahui rencana pembelajaran dan hubungannya dengan mata kuliah lain.
Pengantar LC1

Review beberapa teori kritik sastra
Penjelasan rencana pembelajaran dan materi pokok serta presentasi
Kehadiran dan keaktifan mahasiswa
2
Menjelaskan:
1.     Definisi teori dan kritik sastra
2.     Definisi kritik sastra
3.     Peranan mahasiswa sastra Inggris dalam dunia kritik sastra
Mampu melakukan kerjasama dalam kelompok
Theory and criticism,

Our business in literary criticism
Presentasi dosen dan diskusi
Kehadiran dan keaktifan mahasiswa
3
Menjelaskan:
1.     Macam-macam bentuk tulisan yang terkait dengan karya sastra dan kritik sastra
2.     Definisi summary, paraphrase, analysis, interpretation, evaluation dan review.
3.     Bentuk sebuah tulisan berdasarkan karakteristiknya.
Mampu melakukan kerjasama dalam kelompok, dan mengungkapkan pendapat di depan kelas
Writing about literature (Summary, paraphrase, interpretation, evaluation, review)
Presentasi dosen dan diskusi/ kerja kelompok/ kunjung Karya (samples of summary, paraphrase, etc)
Kehadiran dan keaktifan mahasiswa
4
Menjelaskan:
jalan cerita dari karya-karya wajib baca (Hamlet, Huckleberry Finn, “Young Goodman Brown”, “To His Coy Mistress”, “Everyday Use”)

Mampu mengungkapkan pendapat di depan kelas
Discussion on obligatory readings
Pesentasi mahasiswa dan diskusi
Kehadiran dan keaktifan mahasiswa
5
Menjelaskan dan mengaplikasikan:
Kritik sastra moral-philosophical
Mampu melakukan kerjasama dalam kelompok, dan mengembangkan kreatifitas serta time management skill
Moral-philosophical Criticism
Presentasi mahasiswa dan diskusi, tugas kelas
(“The Appointment in Samara”, “The Miser”)
Kehadiran dan keaktifan mahasiswa
6
Menjelaskan dan mengaplikasikan:
Kritik sastra historical-biographical
Mampu melakukan kerjasama dalam kelompok, dan mengembangkan kreatifitas serta time management skill
Historical-biographical Criticism

Presentasi mahasiswa dan diskusi
Kehadiran dan keaktifan mahasiswa
7
Menjelaskan dan mengaplikasikan:
Kritik sastra new criticism
Mampu melakukan kerjasama dalam kelompok, dan mengembangkan kreatifitas serta time management skill
New Criticism

Presentasi mahasiswa dan diskusi

Kehadiran dan keaktifan mahasiswa
8
Menjelaskan dan mengaplikasikan:
Kritik sastra reader response
Mampu melakukan kerjasama dalam kelompok, dan mengembangkan kreatifitas serta time management skill
Reader Response       Criticism


Presentasi mahasiswa dan diskusi, tugas kelas (kunjung karya)
Kehadiran dan keaktifan
  Mahasiswa, PR
  (Esio Trot karya    Roadh Dahl)
9
UJIAN TENGAH SEMESTER
10
Menjelaskan dan mengaplikasikan:
Kritik sastra psychoanalysis
Mampu melakukan kerjasama dalam kelompok, dan mengembangkan kreatifitas serta time management skill
Psychoanalytical
Criticism
(psychology of author and character)
Presentasi mahasiswa dan   diskusi, tugas kelas (kunjung karya)


Kehadiran dan keaktifan
mahasiswa
11
Menjelaskan dan mengaplikasikan:
Kritik sastra archetypal criticism
Mampu melakukan kerjasama dalam kelompok, dan mengembangkan kreatifitas serta time management skill
Archetypal criticism
Presentasi mahasiswa dan diskusi, tugas kelas (kunjung karya)

Kehadiran dan keaktifan
mahasiswa
12
Menjelaskan dan mengaplikasikan:
Kritik sastra structuralism
Mampu melakukan kerjasama dalam kelompok, dan mengembangkan kreatifitas serta time management skill
Structuralism
(narratology, binary opposition)
Presentasi mahasiswa dan diskusi

Kehadiran dan keaktifan
mahasiswa
13
Menjelaskan dan mengaplikasikan:
Kritik sastra structuralism/semiotics
Mampu melakukan kerjasama dalam kelompok, dan mengembangkan kreatifitas serta time management skill
Structuralism/semiotics
(signs and code)
Presentasi mahasiswa dan diskusi
Kehadiran dan keaktifan
mahasiswa
14
Menjelaskan dan mengaplikasikan:
Kritik sastra feminist
Mampu melakukan kerjasama dalam kelompok, dan mengembangkan kreatifitas serta time management skill
Feminist criticism (woman as reader)
Presentasi mahasiswa dan diskusi
Kehadiran dan keaktifan
Mahasiswa, PR (essay, feminist criticism)
15
Menjelaskan dan mengaplikasikan:
Kritik sastra marxist
Mampu melakukan kerjasama dalam kelompok, dan mengembangkan kreatifitas serta time management skill
Marxist criticism
(reflection theory)
Presentasi mahasiswa dan diskusi
Kehadiran dan keaktifan
mahasiswa
16
DISCUSSION ON FINAL PAPER

NORMA AKADEMIK :
- Kegiatan pembelajaran sesuai Jadwal Resmi, toleransi keterlambatan 15 menit.
- Selama proses pembelajaran berlangsung HP dimatikan.
- Pengumpulan tugas ditetapkan sesuai jadwal dan dilakukan sebelum pembelajaran dimulai. Bagi yang  terlambat nilai hanya 75 %nya, dan bila terlambat 1 hari mendapat nilai hanya 50%nya, lebih dari satu hari mendapat nilai 0%.
- Tugas yang merupakan plagiat, atau pengkutipan tanpa aturan penulisan dianggap tidak lulus.
- Aturan jumlah minimal presensi dalam pembelajaran tetap diberlakukan, termasuk aturan cara berpakaian atau bersepatu.


NILAI AKHIR:
Tugas kelas            10% (simpulan hasil diskusi kelompok)
PR                            15% (2 buah esei individu)
Paper presentasi   20%
UTS                         25%
UAS                         30%
Keaktifan                Bonus

TUGAS TERSTRUKTUR :
Paper presentasi dan pekerjaan rumah (PR)



BENTUK TUGAS
   
1. TUJUAN TUGAS               : Memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk menulis laporan berupa esei kritik    
  sastra.

2. URAIAN TUGAS               : 1. Paper kelompok untuk presentasi: paper menguraikan  dua buah kritik sastra karya
                                                      orang lain (diutamakan memakai buku Guerin, dkk sebagai bahan rujukan utama,
                                                      atau artikel yang terbit dijurnal ilmiah, majalah atau koran, skripsi, thesis, dll jika
                                                      materi tidak tercakup dalam buku tsb). Secara keseluruhan paper terdiri atas:
·          penjelasan ttg karya sastra yang dikritik (judul, penulis, genre, tahun publikasi, sinopsis, dan isu yang diangkat)
·          penjelasan tentang pendekatan/ teori kritik sastra yang dipakai
·          hasil temuan
    
2. PR dalam bentuk esei singkat berupa analisis karya dengan aplikasi teori reader  
    response dan feminist (woman as reader) terhadap karya yang ditentukan oleh   
    dosen.

3. KRITERIA PENILAIAN   : Tata bahasa, isi, presentasi, dan keaktifan selama presentasi

BAHAN, SUMBER INFORMASI DAN REFERENSI
01.
Guerin, Wilfred L, et al. A Handbook of Critical Approaches to Literature (Fourth Edition).
 New York: Oxford Univerdity Press, 1999.
02.
Teaching materials given by lecturers.
03.
bahas.multiply.com/journal

1 comment:

  1. Maaf Mas OOT, saya dari :
    http://nomor2.blogspot.com/2012/09/tokusatsu-yang-pernah-tayang-di.html

    saya dapat listnya pada sumber paling bawah postingan itu, mungkin blognya dah dihapus/ganti nama. Mungkin saja dulu listnya udah dikopi blog2 lain termasuk punya saya gitu..

    ReplyDelete